Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 9 Malang

  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan dan Penguatan Pendidikan Karakter

Abstract

Penugasan Dosen di sekolah (PDS) bertujuan untuk Pertama, mengetahui penerapan program PPK pada pembelajaran PPKn; Kedua, mendiskripsiakan tugas guru dalam menerapkan PPK pada pembelajaran PPKn; Ketiga, mendiskripsiakan peran guru dalam menerapkan PPK pada pembelajaran PPKn; Keempat, mendiskripsiakan urgensi penerapan program PPK pada pembelajaran PPKn; dan Kelima, mendiskripsikan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam menerapkan PPK. Metode yang digunakan adalah 1) Data sering untuk menyepakati ruang lingkup PDS; 2) kesepakatan KI, KD dan indikator antara Dosen dan guru; 3) merumuskan RPP secara bersama-sama antara Dosen dan Guru; 4) Dosen melaksanakan pembelajaran berbasis PPK; 5) Dosen memberikan pemahaman tentang pembelajaran berbasis PPK kepada guru; 6) Refleksi hasil pelatihan; 7) Pendampingan tindak lanjut pengembangan metode berbasis PPK. Hasil Penugasan Dosen di sekolah (PDS) ini ialah Pertama, mauatan PPK terigentrasi di setiap pokok materi yang terdapat dalam pembelajaran PPKn; guru memberikan tugas yang melatih karakter siswa; pada proses pembelajaran berlansung guru mengidentifikasi aktivitas siswa dengan gerakan literasi. Kedua, guru menyusun silabus dan RPP yang terintegrasi muatan PPK; mengembangkan model pembelajaran yang dapat membentuk karakter siswa; memanfaatkan sumber dan media pembelajaran (memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar). Ketiga, memberikan contoh (suritauladan) kepada siswa; sebelum pembelajaran berlansung guru mengajak siswa untuk berdoa dan menyanyikan lagu nasional sebagai penguatan karakter; memberikan motivasi terkait gerakan literasi bagi siswa. Keeampat, pembelajaran PPKn memiliki letak yang strategis dalam membentuk karakter siswa; sekolah mengembangkan kegiatan intra dan ekstrakulikuler sebagai penguatan karakter. Kelima, terdapat beberapa pokok materi dalam pembelajaran PPKn yang belum sesuai dengan nilai-nilai karakter; pemahaman guru tentang konsep PPK belum menyuluh..

Published
2020-02-18